Crow’s Feet: Garis Halus di Sudut Mata Seperti Cakar Burung Gagak
15731
post-template-default,single,single-post,postid-15731,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-theme-ver-10.1.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Crow’s Feet: Garis Halus di Sudut Mata Seperti Cakar Burung Gagak

Crow’s Feet

Crow’s Feet: Garis Halus di Sudut Mata Seperti Cakar Burung Gagak

Crow’s Feet – Apa itu crow’s feet? Crow’ Feet merupakan garis halus yang muncul di sudut mata dengan bentuk-bentuk guratan yang menyerupai cakar burung gagak sebagai salah satu tanda penuaan yang biasanya muncul pada wanita dan pria usia 30 tahun keatas. Namun, pada usia di bawah 30 tahun juga dapat muncul crow’s feet akibat penuaan dini. Penuaan dini terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat, polusi, kering sehingga mempengaruhi produksi kolagen dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Protein kolagen sendiri berfungsi sebagai protein yang bertanggungjawab menjaga keelastisitas kulit.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya crow’s feet seperti mengonsumsi obat tertentu, ketidakstabilan hormon, stress, dan kurangnya nutrisi dan bisa juga karena faktor genetik. Berikut merupakan penyebab yang umum lainnya.

  1. Paparan sinar matahari

Radiasi sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan elastin dan kolagen sehingga menyebabkan kendur dan memiliki bercak atau flek berwarna gelap di wajah, yang menyebabkan warna kulit wajah tidak merata.

  1. Merokok

Merokok selain merusak seluruh jaringan tubuh, juga sangat merusak kolagen, cepat menyebabkan kerut, dan garis-garis halus di sekitar mata.

  1. Menyipitkan mata

Menyipitkan mata secara berkali-kali akan menyebabkan kontraksi berulang-ulang pada otot sekitar mata sehingga membentuk crow’s feet. Banyak wanita ataupun pria yang tidak sadar bahwa mereka menyipitkan mata di meja setiap hari dan menjadi sebuah kebiasaan.

Untuk menyamarkan crow’s feet, hindari berlama-lama di bawah terik sinar matahari dan menggunakan tabir surya yang ber-SPF 50 keatas untuk memblokir sinar UV dan UVB dari matahari. Berhenti menyipitkan mata dan gunakan lensa kontak atau kacamata sesuai resep yang akurat untuk meminimalkan kebiasaan tersebut. Permasalahan ini juga dapat diatasi secara maksimal dengan Botox Treatment di Jade Aesthetic, salah satu klinik kecantikan Jakarta yang telah berpengalaman menangani pasien-pasien dalam perawatan botox treatment yang terbukti dapat mengurangi dan menyamarkan garis kerutan di area samping mata tersebut.